Taman Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh terletak dijalan lintas antara Provinsi Riau da Provinsi Jambi, sekitar 50 Km dari kota Rengat. Alamnya yang indah dan sejuk, membuat kita betah untuk menikmati pemandangan alam. Sebagai kawasan Konservasi hutan tropis basah seluas 94.698 hektar, Taman Nasional Tiga puluh berfungsi sebagai daerah cagar alam dan satwa serta daerah konservasi air.Taman ini kaya dengan aneka flora dan fauna langka.

Cendawan Muka Rimau Salo dan Mapau, yang merupakan tanaman endemik yang cukup langka, dapat ditemukan dikawasan hutan ini. selain itu, dikawasan hutan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini, ditemukan pula 59 jenis fauna langka, antara ain: Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, dan lain sebagainya.

Dilokasi Taman Nasional sudah dibangun museum dan pusat pelatihan kebakaran hutan, dimuseum kita dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna. Hutan Bukit Tigapuluh sangat ideal untuk berbagai kegiatan wisata, dan kegiatan olah raga petualangan yang menantang, seperti arung jeram, trekking dan sebagainya.

Di kawasan taman ini, terdapat pula komunitas masyarakat Suku Talang Mamak ( salah - satu suku terasing dan terbelakang di riau) yang masih hidup secara tradisional, dan amat tergantung kepada hutan.

sumber: budpar.riau.go.id
Share on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright Wisata Riau | Feel Melayu Culture 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all